Topik Tugas Akhir / Skripsi S1

Skripsi atau Tugas Akhir bagi mahasiswa jenjang S1/S2 terkadang membuat bingung sebagian besar mahasiswa. Saya berpengalaman membimbing mahasiswa sejak tahun 2005 hingga 2012. Dan saya faham sekali perasaan teman-teman mahasiswa tingkat akhir yang menjelang Skripsi. Tidak sedikit teman-teman mahasiswa yang seangkatan lulus S1 hingga last year, ada yang 5 tahun, 7 tahun, mungkin 8 tahun…*klo di Eropa 5 tahun sudah dapat gelar S2 (Master), 8 tahun bisa S3 (PhD) 🙂

Nah, pernahkah kepikiran….kenapa ketika kita di Perguruan Tinggi / Universitas kelulusan mahasiswa bisa berbeda-beda? Sedangkan waktu kita sekolah tingkat SD – SMP – SMA kita bisa lulus bersama-sama dengan teman seangkatan. Hayoo…kenapa? Siapa yang bisa jawab, silahkan tulis di kolom komentar. Nanti saya akan bahas RAHASIA dibalik kelulusan mahasiswa pada postingan saya berikutnya.

OK, sekarang saya akan share beberapa topik Tugas Akhir atau Skripsi untuk mahasiswa Teknik Elektro / Teknik Informatika S1 atau mungkin bisa juga untuk S2, tergantung tingkat kerumitannya dan kedalaman topiknya.

  • Optimisasi Protokol Routing RPL untuk Internet of Things (IoT)
  • Penerapan Algoritma Genetika untuk penyelesaian masalah XYZ
  • Penerapan Algoritma Immune untuk penyelesaian masalah XYZ
  • Penerapan Algoritma Semut untuk penyelesaian masalah XYZ
  • Rancang Bangun Machine Learning untuk Pendeteksian Objek
  • Medical Computer Vision untuk Pendeteksian Penyakit XYZ
  • Object Tracking dengan menggunakan OpenCV
  • Object Detection dengan menggunakan OpenCV untuk Pengamanan Ruangan

Apalagi yah….hmmm, sebenarnya saya masih banyak ide/topik yang bisa saya share, tapi karena tempat & waktu terbatas, maka saya cukupkan sampai disini. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan / komentar di bawah. OK!

Tetap semangat yah teman-teman mahasiswa/mahasiswi. Masa depan Anda ditentukan oleh langkah kecil Anda hari ini. Create your future now….

Ini saya kasih kado video buat teman-teman, biar makin hari makin semangat mengerjakan Skripsi / Tugas Akhirnya. Bon courage….Good luck. 🙂

Colmar, 17 Oktober 2021.

7 Responses to “Topik Tugas Akhir / Skripsi S1”

  1. Re Says:

    Selamat malam pak
    Maaf pak izin bertanya dari topik tsb yang low budget buat tugas akhir S1 yang mana ya pak mungkin dari pak bisa memberitahu kami .
    Terima kasih pak

    Like

    • Re Says:

      Dan apakah object tracking itu seperti kamera e-tilang yang ada di indonesia pak?

      Like

      • abdusy syarif Says:

        Bisa saja….Object Tracking bisa diterapkan untuk apa saja dan dimana saja selama digunakan untuk mematau object, seperti masker, senjata tajam, safety belt, handphone, dll.

        Like

    • abdusy syarif Says:

      Hampir semua topik tersebut low budget, karena bisa dilakukan hanya dengan membuat alat simulasi saja.

      Like

      • Re Says:

        Kalo dari saya sendiri pak saya tertarik dengan topik :
        1.Optimisasi Protokol Routing RPL untuk Internet of Things (IoT)
        2.Object Tracking dengan menggunakan OpenCV
        3.Object Detection dengan menggunakan OpenCV untuk Pengamanan Ruangan
        Tapi saya masih binggung yang sesuai dengan saya yg mana dari ketiga topik tsb pak karena peminatan saya di teknik elektro menjurus ke bidang telekomunikasi pak.
        Mohon maaf pak dihari minggu begini saya menanyakan topik tentang skripsi kepada bapak.

        Like

      • Revanza Says:

        Dari seluruh topik tersebut saya tertarik untuk skripsi saya dengan 3 topik ini pak:
        -Optimisasi Protokol Routing RPL untuk Internet of Things (IoT)
        -Object Tracking dengan menggunakan OpenCV
        -Object Detection dengan menggunakan OpenCV untuk Pengamanan Ruangan

        Tapi saya masih binggung karena saya dijurusan teknik elektro kekhususannya kebidang telekomunikasi.
        Apakah object tracking atau object detection bisa masuk pak kebidang telekomunikasi?
        Dan mohon maaf pak dihari minggu ini menganggu waktu bapak karena saya menanyakan tentang topik untuk skripsi ini 🙏🏻🙏🏻

        Like

  2. Muchtar Says:

    terimakasih Pak,

    Like

Leave a comment